Setelah lulus SMA/K, barulah ujian sebenarnya dimulai………ujian masa depan

image

Assalamualaikum

Brosis, ujian nasional tingkat SMA/K sudah berakhir. Semua bersuka cita telah menuntaskan ujian akhir tersebut. Ada yang corat coret, ada yang syukuran, ada juga yang mabuk-mabukan bahkan booking hotel #eh.

Namun, sebenarnya di sinilah ujian sebenarnya di mulai. Berbekal ijazah dan ilmu yang telah ditempa pas sekolah, kemana kita akan melangkah? Ada 4 pilihan :

image

1. Kuliah.

Bagi yang bisa dapat beasiswa atau mampu melanjutkan kuliah pastinya bingung untuk mempersiapkannya. Ingin ke kampus mana dan apa jurusannya. Beneran, dulu sewaktu lulus SMK bro ndess berfikir untuk kuliah juga namun keburu keterima kerja di luar jawa, jadi dipending dulu.

Mempersiapkan kuliah itu ribet dan dilarang putus asa di sini, bahkan jaman serba daftar online begini semua calon mahasiswa diribetkan masalah pendaftaran, akomodasi jika kampus jauh, daftar ulang, dan lain-lain. Yang beasiswa juga sama.

image

2. Kerja.

Bagi yang pengen langsung kerja juga sana ribetnya. Umumnya sebagian besar murid SMK tentu ingin bekerja sesuai bidangnya. Namun, lowker tak setiap tahun ada dengan kuota banyak. Jaman bro ndess sendiri termasuk apes. Lowker minim, ditambah peraturan menteri yang lama dirubah oleh menteri baru pada jaman pak SBY sehingga banyak perusahaan tambang gulung tikar karena tak mampu.

Di sini saran bro ndess jangan gengsi mencari pekerjaan. Bisa jadi sebelum melangkah ke pekerjaan yang tepat. Carilah pekerjaan yang bisa dipakai batu loncatan buat mempersiapkan modal dan mental. Itu bagus loh efeknya nanti asal niatnya sungguh-sungguh.

image

3. Wirausaha.

Yang orang tuanya punya modal, bisa mengembangkan usaha sendiri atau wirausaha. Jiwa kreatif dan semangat serta kemampuan jadi dasar menggerakkan modal yang ada untuk berwirausaha. Bisa juga mewarisi usaha orang tua yang dimiliki.

image

4. Nikah.

Buat cewek, kalau di desa sih umumnya banyak cewek yang disuruh kawin daripada nganggur di rumah. Kalau ini pilihan buat cewek saja. Kalau laki-laki jelas harus dapat penghasilan dulu baru wajib nikah.

image

5. Pengangguran.

Ini pilihan bagi mereka yang terlalu santai dan malas. Jiwa-jiwa malas akan selalu terjebak dalam pengangguran. Namun, tidak hanya para pemalas atau yang suka cangkruk daripada kerja saja yang akan jadi pengangguran. Biasanya yang tidak segera dapat kerja atau kuliah bisa terjebak dalam pengangguran. Nah, maka dari itu giatkanlah, gerakkanlah badan anda lebih semangat agar tak jadi pengangguran. Terutama laki-laku, yang akan jadi kepala keluarga yang wajib menafkahi.

Ok. Pilihan ada ditangan anda adek-adek yang baru lulus sekolah. Mau jadi apa di antara 4 itu? Yang jelas masa depan ada di tangan anda, piluhan anda yang menentukan….. gagal satu, coba yang lain, hingga anda berhasil meraih masa depan yang sesuai diinginkan dan tentunya jangan lupa berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT…..

Semangat!

image

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Setelah lulus SMA/K, barulah ujian sebenarnya dimulai………ujian masa depan

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s