Penyebab Upping-Price terjadi pada motor baru…

Met malam.

Maaf, malam kemarin tidak ada postingan. Bro ndess kerja ngefull,,, jadi abis pulang langsung tepar seharian “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮. Kali ini, ane akan share beberapa sedikit pengetahuan ane waktu jadi sales dulu untuk mengungkap kenapa upping-price terjadi pada motor-motor baru.

Dalam penjualan unit-unit motor di dealer. Terdapat dua sistem pembayaran dan juga dua tipe diskon. Sistem pembayaran meliputi kredit dan cash, sedangkan tipe diskon ada dua yaitu diskon dealer dan diskon leasing. Khusus diskon leasing ini hanya ada pada sistem kredit.

Nah, untuk produk baru yang masih terbatas unitnya, biasanya tidak ada diskon dari dealer. Bahkan finance’pun belum memberi diskon khusus. Hal ini terjadi, karena motor baru masih terbatas distribusinya dan dikhawatirkan bakal terjadi inden menumpuk, jadi diskon baru diberikan saat unit sudah lancar jaya distribusinya.

Kasus Yamaha R15, yang sering diupping-price oleh sales dealer adalah salah satu contoh bagaimana sulitnya mengambil untung bersih dari unit baru. Kenapa? Motor itu jika dijual secara NET, tidak ada komisi yang akan diterima oleh sales. Maka dari itu untuk mendapatkan keuntungan alias komisi ++ dari penjualan motor baru, taktik upping-price’pun dipakai. Ini juga dipakai jika sang sales memakai jasa makelar untuk meningkatkan penjualannya, dan komisinya akan dipakai buat membayar sang makelar. Memang hanya sales saja? Tidak. Terkadang malah ATPM itu sendiri juga begitu, yang biasa disebut overprice yaitu kemahalan dari harga yang wajar :v #colek_AHM_&_New_CBR_lawas

Setidaknya menunggu, hingga unit itu bisa benar-benar laris maka akan ada diskon khusus dari dealer dan leasing bila target penjualan terpenuhi. Karena orang berjualan kan harus ada target dan keuntungan. Tapi, kalau keterlaluan ya kasian konsumennya lah.

Hati-hati ya,,,, maaf njelimet bahasa’ne. Poko’e ngunu, 😀

#Salam_Ndeso_Bojonegoro

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Penyebab Upping-Price terjadi pada motor baru…

  1. Yoshi berkata:

    Kalau menurut saya sih karena hukum pasar saja om. Kalau demand naik, sedang supply-nya belum lancar, harga akan naik. Konsumen biasanya bersedia membayar lebih tinggi asal dia dapat barangnya. Itu yang dimanfaatkan sales untuk mendapat keuntungan lebih.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s