Kerja di Luar Jawa? Fikirkan lagi kalau belum siap!

Met subuh mas/mbak.

Ada’kah yang pernah dengar kesuksesan teman atau saudara yang kerja di luar Jawa? Pastilah bikin iri dan bikin pengen ikut merasakan kesuksesannya. Namun, eitssss tunggu dulu pemirsa.

Sumatra, Kalimantan, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, dan kepulauan luar Jawa lainnya itu kehidupannya lebih keras daripada Jakarta sekalipun! Kenapa? Di sana berlaku hukum adat dan hukum rimba! Hukum perdata dan pidana masih kalah.

Bahkan, dari pengalaman dulu saat ane di Kalimantan. Hukum adat bermain penting bagi masyarakat sana. Pengalaman ane saat itu, pernah ada kasus sengketa antara perusahaan dengan masyarakat lokal yang berakhir tawur dengan korban luka parah!

Bahkan, akhir-akhir ini teman ane di Papua atau Sulawesi lupa, pernah di tempatkan di daerah konflik. Konflik Agama tepatnya. Di sana, orang agama A dan agama B bersengketa hebat sampai-sampai bunuh-bunuhan. Kenapa? Gak tahu juga sih. Yang terjadi begitu adanya, seluruh penduduk baik asli maupun pendatang akan disweeping dan di aniaya jika ketahuan bukan penganut agama A atau sebaliknya.

Di Bali, kalau anda orang yang taat agama. Maka anda akan menghadapi godaan terbesar di pulau terbebas di Indonesia itu. Di sana duit memang banyak, tapi cobaan juga banyak.

Masih banyak contoh lain. Di sana bahkan untuk alam ghaib saja lebih keras daripada Jawa! Nah, ini juga menyimpulkan alasan kenapa Jawa masih dan terus jadi pilihan utama tinggal karena tingkat keamanan dan ketentraman masih lebih tinggi dari luar Jawa.

Masih mau ke luar Jawa? Siapkan mental dan kepercayaan diri. Karena di sana sampeyan akan masuk dunia yang berbeda.

#Salam_Ndeso_Bojonegoro

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, renungan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Kerja di Luar Jawa? Fikirkan lagi kalau belum siap!

  1. bas berkata:

    pertamax

    Suka

  2. bas berkata:

    premium

    Suka

  3. mas huda berkata:

    Duh mau nikah sama orang luar jawa padahal lho

    Ibu ini keren banget manfaatin peluang http://bit.ly/1mAmYr6

    Suka

  4. toretto berkata:

    di bali godaannya lebih enak,,,kalo punya uang tapi.

    Suka

  5. touringrider berkata:

    Panganan murah jowo

    Suka

  6. warungasep berkata:

    Wew iya diluar jawa jin nya lebih sakti,bahkan didaerah mana tuh,1 desa bisa ilang,hehe pernah baca,cuman lupa lagi didaerah mana ๐Ÿ˜€
    http://warungasep.wordpress.com/2014/05/08/spyshoot-yzf-r25-terbaru-ada-di-hutan/

    Suka

  7. Maskur berkata:

    pernah di kaltim, sekarang Kaltara
    cuma 4 bulan
    bukan karena apa2 tepi kerena terlalu terpencil aja

    Suka

  8. razel berkata:

    mau hidup di rantau….bisa belajar tuh dari pengalamannya bro bakulkangkung aka mas sayur…

    Suka

  9. ikram berkata:

    Ke aceh coba bro,agama masi kuat,damai,antar warga masih saling bersahaja,ga ada tawuran,copet,atau kasus bunuh2an,bahkan tingkat pengamen aja tidak ada,cuma kasus gam aja dulu yg sempat mencoreng amannya aceh dan ganasnya tsunami yg sempat porakporandakan aceh,tp dibalik itu ini daerah yg aman dan tentram untuk di tinggali

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.