50juta….. (bahasan tentang 3 macam kebutuhan hidup)

Halo masbro, met Subuh, met pagi. Artikel jadwalan Subuh kembali hadir…”̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮, kali ini kita akan membahas tentang 3 macam kebutuhan hidup manusia.

Rejeki datang dari Allah melalui berbagai cara dan memang udah dijatah kepada kita dan semua mahluk hidup di dunia. Nah, bicara soal duit 50juta seperti pada judul. Kira-kira bagaimana sih mengatur kebutuhan dalam kehidupan kita, agar uang 50juta atau yang kita miliki saat ini tepat sasaran dan tidak salah pilih?

Antara primer, sekunder, dan tersier. Yaps. 3 kebutuhan ini memang jadi patok’an untuk membuat skala prioritas bagi kita sebelum memutuskan ingin apa dulu.

Tentunya yang primer jadi pilihan, kira-kira anda butuh apa’kah? Kebutuhan ini pokok. Misal buat nafkah, kebutuhan keluarga, dan lain-lain. Kebutuhan bersifat tidak boleh ditunda-tunda lagi. Karena menyangkut kehidupan kita. Ya kalau memang ada kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi ya haruslah diutamakan terlebih dahulu.

Kebutuhan sekunder, ini sebagai penunjang atau kebutuhan yang memang sih butuh tapi jika tidak terpenuhi tidak membuat hidup mati. Misal alat tansportasi, alat komunikasi, alat hiburan, dan lain-lain yang harganya memang sesuai dengan kemampuan keluarga. Yang penting puas dan Alhamdulillah masih ada rejeki sisa buat disimpan.

Kebutuhan yang terakhir adalah kebutuhan tersier atau mewah. Di mana dalam hal ini sebetulnya hampir sama kayak sekunder, tetapi sebetulnya tidak perlu sama sekali kalau memang tidak butuh. Karena apa? Bersifat hiburan murni, malah mungkin cuma keinginan tanpa menyangkut kebutuhan hidup. Misal, gadget mahal, laptop mahal, motor mahal, mobil mahal, dan semuanya pokok mewah. Kalau nggak cukup mending jangan dituruti yang tersier karena tidak membuat kehidupan kita jadi mati.

Nah, bagaimana anda mengatur keuangan anda? Berapapun uang anda, asal kebutuhan premier dan (kalau bisa) sekunder itu udah bisa membuat hidup anda tenang. Tetap bersyukur dan tetap bijaksana dalam mengatur kebutuhan. ☺kέ°⌣°☺kέ°⌣°? Yang jelas juga jangan lupa sedekah dan zakatnya.

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke 50juta….. (bahasan tentang 3 macam kebutuhan hidup)

  1. toretto berkata:

    lo misalnya sekarang ane punya uang sgitu pengen ngambil sewa sawah kang,sayang uang ane ga nyampe sgtu,,,,

    Suka

  2. hiwa lounge berkata:

    salam kenal bro

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.