Full Fairing, solusi modifikasi motor naked biar meraih top speed maks

Siapa bilang modifikasi fairing hanya buat menambah kegantengan :mrgreen: . Modif fairing juga ada efeknya loh dengan kecepatan motor jika melaju kencang. Kalau macet jelas berat.

Kenapa bisa? Seperti yang sudah ane jelasin pada artikel z250 vs Ninja FI. Bahwa faktor aerodinamis pada motor full fairing membantu motor meraih top speed lebih tinggi. Hal itu juga berpengaruh pada motor-motor fairing modification. Fairing yang ditemplokin, akan sedikit banyak mampu membuat handling stabil dan menambah raihan top speed. Apalagi kalau modifnya sangat presisi dan pas, sempurna sudah.

Banyaknya virus modifikasi fairing ini pada motor-motor naked sejak era jadul, memang tidak ada habisnya. Walau motor fairing asli juga ada, tetap yang namanya orang Indonesia itu ada aja. Alasannya simpel, murah. ωk:D ωk:D ωk:D ™. Tapi, setidaknya modifikasi fairing ini harus benar-benar presisi dan tidak malah menimbulkan masalah baru (misal : getar).

Banyak bahan baku membuat fairing mulai fiberglass, sampai plastik. Ada yang pernah bikin dengan plat besi gak? 😀 . Ane bahkan udah bikin contoh-contohnya diartikel jaman dulu yang modifnya sangat presisi misal : Verza ini.

Nah, ada suatu pengalaman pas malam minggu ketiga Januari. Ketika itu kondisi jalan yang sepi dan habis hujan. Jalanan lurus sepanjang 5km tanpa belok memang menantang top speed. Nah, ada satu motor NVL berfairing R15 melaju kencang mendahului ane. Padahal saat itu kecepatan ane 80’an. Ane coba susul. Kondisi jalan yang sepi dan dingin membuat mental naik dan memberanikan diri.

Kecepatan 100’an, sulit juga mengejar motor itu walaupun sampai 120km/jam. Motor ane juga pake premium waktu itu (duit cekak :mrgreen: ). Ane ditinggal jauh oleh rider NVL fairing modif itu. Cuma bisa geleng-geleng kepala kok kecepatannya dalam trek lurus begitu signitifkan.

Membelah angin.

Sisi positif dari modifikasi fairing adalah mampu membelah angin dengan syarat lekukan pada fairing selaras dengan garis desain dan mampu membelokkan angin dengan sempurna.
Dengan begitu, tenaga motor akan tersalurkan secara sempurna dan hambatan angin mampu di atasi. Hal inilah yang juga bisa membuat Ninja FI lebih unggul top speed ketimbang z250.
Tak melulu harus memakai ban cungkring dan “spion tanpa bayangan” supaya motor sport naked bisa mendapat raihan top speed maksimal. Kasih baju “fairing” yang klop alias sesuai garis desain. Ubahan sedikit pada sisi mesin misal busi iridium, sedikit menyentuh filter dan sisi lainnya.

Enggak percaya? Coba adu sendiri deh. Ban cungkring vs Full Fairing dengan cc sama 😀

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, otomotif dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Full Fairing, solusi modifikasi motor naked biar meraih top speed maks

  1. warungasep berkata:

    Oh gitu ya,thunder saya dulu pake fairing serat karbok eh salah serat fiber,tapi gk dipake lagi…
    Mantap…
    http://warungasep.wordpress.com/2014/03/01/1-tahun-yang-lalu-saya-jadi-kapok-balapan/

    Suka

  2. ari berkata:

    katan nya kalau pake ban cacing bisa tembus 300km/jam :v

    Suka

  3. KomMotor berkata:

    Tapi kemaren ane ketemu Kawasaki Z1000 yang lama, gak pake fairing, ane coba kejer, gak ke kejer sama sekali.
    Padahal ane pake motor fairing,,,, Wkwkwkwkwk…. :mrgreen:

    Suka

  4. jiban berkata:

    Katanya juga pake fairing bisa 300 kmh? Haha apa gak tambah alay tuh?

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.