YZF-R6 vs ZX-6R 636 : duo sportbike 4 silinder.

Halo kawan, semoga pada sehat. Cuaca sering hujan sekarang. ΒΒ™ ane lagi ane delete blackberrymesengernya tadi. Jadi maaf buat yang chat tapi ada tanda silang 😀 , lemot deh bb ane.rrrm…. Apalagi yang tiap hari kehujanan naik motor, awas masuk angin 🙂 . Nah, pada kesempatan kali ini ane akan mencoba membandingkan dua moge kelas sport yang hampir sama-sama menggunakan huruf R. Yaps, YZF-R6 dan ZX-6R.

Dua-duanya dijual direntan harga 200-250juta dimana YZF-R6 220juta dan ZX-6R 225juta, semuanya OTR Jakarta dan langsung CBU dari ATPM masing-masing. Dengan mesin identik 4 silinder, DOHC dan water cooler, motor ini memang pas untuk dibanding-bandingkan satu sama lain. Harganya memang selisih cuma 5juta saja, dan benar-benar salah satu kelas yang bersaing ketat.

Tanks untuk bro Adiezz yang sudah sharing komparasi keduanya dan siap untuk disajikan kepada khalayak blogspher otomotif dan buat mereka yang pengen tahu bagaimana perbandingan motor yang berdesain superbike ini.

Power.

Untuk power sendiri, karena mereka berdua memang versi Eropa bikinan Jepang, tentu powernya pastilah ajib sekali. Sama-sama memakai mesin DOHC 4 silinder inline, ZX-6R mempunyai power sebesar 129,3 dk/13,500RPM dan torsi 71 Nm/11,500RPM sedangkan YZF-R6 mempunyai power sebesar 122 dk/14,500RPM 65,7 Nm/10,500RPM. Terlihat soal power ZX-6R lebih unggul dan memang selain itu cc dari ZX-6R adalah 636cc sedangkan YZF-R6 cuma 599cc.

Bobot.

YZF-R6 mempunyai berat 186kg, sedangkan ZX-6R lebih berat dengan 192 /194(ABS). Dengan bobot lebih ringan tentunya YZF-R6 daripada si ZX-6R, secara performa keduanya memang agak identik. Tangki bensin juga sama-sama 17 liter. Namun, soal sasis memang diunggulkan ZX-6R. Sasis dari R6 tidak diupdate sejak 6 tahun yang lalu dan menandankan R6 lebih lemah dalam handling dibanding ZX-6R dan juga kalah dalam top speed.

Desain.

Keduanya sama-sama mempunyai desain dan fairing yang aerodinamis. YZF-R6 lebih racing, dengan bentuk body yang mencirikan motor superbike memang menjadi keunggulan lain dari YZF-R6 dan mungkin juga ini yang membuatnya laku keras di Indonesia dari semua unit CBU Yamaha. Untuk ZX-6R lebih besar dari R6 tapi tetap kalah racing daripada R6. Sekali lagi, ini juga jadi pilihan sebelum biker-biker moge membandingkan keduanya.

Fitur.

YZF-R6 kalau soal ini harus angkat tangan. Bagaimana tidak, banyak fitur dari ZX-6R yang tak dimiliki R6. Seperti ABS, Rem Nissin, Control Traksi. Sedangan R6 belum ABS, dan rem’nya sih katanya tidak ada merknya. Weleh-weleh. Motor kencang kok enggak dilengkapi ABS ya?

Namun, bukan berarti YZF-R6 selalu tertinggal oleh ZX-6R. R6 lebih unggul dalam 3S’nya, yaitu 3S Yamaha. YZF-R6’pun terdapat paket upgrade performa yang lebih banyak daripada ZX-6R. Hal ini juga membuktikan kelaris’an sang sportbike 4 silinder Yamaha ini. Pelayanan service dan spareparts R6 lebih ready ketimbang ZX-6R. Keunggulan ini memang cirikhas Yamaha yang memaksimalkan 3S untuk semua produknya. Nah, bagaimana menurut anda kang? Keduanya memang bersaing di kelas moge sportbike 600cc 4 silinder.

Identik dengan R25 vs Ninja FI.

Persaingan itu nampaknya juga akan diwariskan kepada adek-adeknya, yaitu Ninja FI dan YZF-R25. Sama-sama mengusung dua silinder dan injection, dipastikan bakal memanas semester dua nanti. Jika memang produk global, tentunya R25 tak main-main dan Yamaha sudah pasti tahu keinginan pasar sport 250cc.

Memang secara 3S lebih unggul daripada Geng ijo dan itu jadi nilai plus seperti larisnya R6 dibanding ZX-6R. Apalagi R25 juga sudah dinanti-nanti oleh mereka yang pengen meminangnya. Dengan konsep desain yang memang racing, tentu haruslah versi masspronya lebih ajib daripada Ninja FI biar menjadi lebih unggul.

Pasar Indonesia memang membatasi secara CC, yaitu maks 250cc. Kalau mau diatasnya maka kena pajak 150%. Nah, di Eropa malah muncul YZF-R3. Marai bingung ya, mungkin bakal head to head dengan CBR300 dan Ninja 300.

Kita lihat siapa yang bakal lebih dominan. Dalam hal performa dan penjualan. Karena masing-masing punya peluang yang sama. Tinggal bagaimana strategi marketingnya pula.

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di otomotif dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke YZF-R6 vs ZX-6R 636 : duo sportbike 4 silinder.

  1. adiezz86gasspoll berkata:

    klo buat harian ane lbh prefer ZX6, g trlalu nunduk n lbh hemat bbm,klo dr tampilan sih soal selera.. Tp hrs diakui klo R6 lbh enak dipandang..

    Suka

  2. aripitstop berkata:

    motor mahal

    Suka

  3. warungasep berkata:

    Ini baru motornya orang “kismin”…
    Hehe…
    Mantap postingannya… 🙂
    http://warungasep.wordpress.com/2014/02/19/5-merk-rokok-terlaris-di-warungasep/

    Suka

  4. putu ngurah berkata:

    zx-636 lebih gampang dikendarai daripada r6, karena zx636 punya traksi kontrol, jadi brosis yg mau naik kelas dari motor 150/250 ke kelas 600, zx636 lebih recommended dari pada r6. aku pribadi lebih suka zx636 darpada r6, cbr 600 rr malah lebih bersahabat untuk pemula, semua bikers yang udah pernah naik ninja 250 pasti gampang mengendarai cbr 600 rr

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s