Kenapa letusan gunung Kelud begitu besar dan tidak sesuai siklus?

Masih dalam suasana letusan G Kelud. Kini, ane akan membahas kenapa sih G Kelud letusannya begitu dasyhat daripada biasanya? Malah lebih dasyhat dari Merapi.

G Kelud, adalah salah satu gunung yang mempunyai kawah yang ditutupi danau sebelum 2007. Material yang ada di dalam perut bumi, di tutup paksa oleh danau di atas kawah tersebut sehingga menimbulkan tekanan yang beragam.

Pada 2007 silam, tumbuh kubah lava yang berasal dari magma yang berhasil menerobos material di danau tersebut dan membentuk anak G Kelud. Sebenarnya G Kelud sudah mulai terlihat bakal memiliki letusan yang berbeda nanti. Entah kapan, tetapi kubah Lava itu telah membeku dan menyebabkan tekanan yang besar selama bertahun-tahun dan menyebabkan letusan eksplosif pada tahun 2014.

Letusan dayshat terjadi karena selain memuntahkan lava pijar, tekanan magma juga menghancurkan kubah lava dan membuat hujan kerikil yang begitu besar di sekitaran Gunung. Lava yang sudah mengeras itu hancur akibat tekanan kuat dan terlempar hingga beribu-ribu kilometer dan menimpa lebih dari 20km wilayah di sekiataran gunung.

Letusan ini menimbulkan lava pijar bahkan membuat langit mengeluarkan kilat yang menakutkan akibat gesekan-gesekan yang menimbulkan muatan listrik statis yang besar di atas awan dan meluncurkan kilat.

Abu-abu yang bertebangan begitu banyak akibat lava yang terlempar ke udara dan bertemu awan yang sedikit lembab dan suhu dingin di kala malam, membuatnya cepat padam dan menjadi abu. Ini diperparah dengan kondisi angin yang ke arah barat sejak meletus dan membuat daerah-daerah di sisi barat mengalami hujan abu tertebal dan terparah ketimbang merapi. Barulah beberapa jam kemudian angin berputar ke Malang, ke sisi timur dan utara. Gunung berketinggian 1113 meter di atas permukaan laut ini mengingatkan ane atas bencana Gunung Krakatau yang dashyat dahulu.

Diperkirakan, G Kelud akan mempunyai siklus letusan baru karena letusan kali ini berada pada 7 tahun setelah letusan 2007.

Hati-hati debu kelut yang mempunyai ukuran mikro dan tajam. Dapat melukai paru-paru anda. Pakailah masker.

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Dikirim dari Ndesoberry94.

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta dan tag , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Kenapa letusan gunung Kelud begitu besar dan tidak sesuai siklus?

  1. athleteriders berkata:

    anak gunung kelud itu ibarat bisul brot, dulu g jadi meletus malah muncul anak gunung kelud, sekarang bisul itu sudah mulai matang dan cukup untuk diledakkan

    Suka

  2. Mase berkata:

    aku watuk2 ki mergo abu kui udu ya…

    Suka

  3. Prapto Sragen berkata:

    entah berkah entah musibah

    Suka

  4. potretbikers berkata:

    Karena sudah saatnya,kang. Tahun 2007 gagal meletus, ibrat dikata sebua pengumpulan tenaga untuk mengeluarkan yang luar biasa….dan inilah hasilnya….

    http://potretbikers.com/2014/02/14/diperkirakan-ada-letusan-susulan-g-kelud/

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s