Ketemu Suroboyo Bus, Transportasi Baru Warga Surabaya Ramah Difabel

Assalamualaikum,

Brosis, Suroboyo Bus merupakan angkutan massal terbaru yang diresmikan Pemkot Surabaya kemarin. Bus ini jadi jawaban bagi masyarakat yang menginginkan transportasi massal yang bagus dan ramah. Bus ini memiliki banyak keistimewaan. Nah, kemarin bro ndess bertemu di terminal Osowilangon Surabaya.

Dari bentuknya ini bus unik. Suroboyo bus didesain low entry (tinggi pintu masuk yang rendah) yang mana ketinggian pintu sejajar dengan pedestrian. Memakai mesin Mercedez Benz. Dimensinya mirip bus tingkat tapi cuma lantai bawah. 

Jadi pengen coba ini bus. Oh iya, bus ini memiliki keunggulan lain yakni tetap berjalan meski traffic light menyala merah. Artinya, transportasi massal ini terintegritasi dengan sistem pengaturan lalu lintas jalan. Sebab, lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. Pusat kontrol ada di Terminal Bratang dan Joyoboyo.

Bus Suroboyo dilengkapi dengan 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera-kamera ini untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Pintu bus dilengkapi sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, pintu tidak akan tertutup dan bus tidak akan berjalan. Keren bukan? Bus Damri yang baru kalah. Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan.

Selain nyaman dan memiliki berbagai macam manfaat, bus ini ramah untuk penyandang difabel, lansia dan ibu hamil. Bus Suroboyo juga dilengkapi tombol khusus dekat pintu masuk jika dipencet, asisten pengemudi akan membantu penyandang difabel masuk ke dalam bus. 

Nih bukti kalau ramah difabel, foto dari Detik.com :

Untuk rute bus, mulai dari arah selatan ke utara (terminal Purabaya hingga Halte Rajawali), begitu pula sebaliknya dari halte Rajawali menuju terminal Purabaya. Beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam dilengkapi aplikasi GoBis(Bukan gobisnya sayur sop) untuk melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada.

Bus dengan kapasitas 67 orang ini dilengkapi dengan handle untuk pegangan penumpang serta warna bangku penumpang untuk laki-laki dan perempuan. Pada bagian depan berwarna merah muda untuk kaum hawa sedangkan bagian belakang berwarna oranye untuk laki-laki.

Lokasi parkirnya di terminal Osowilangon. Monggo yang penasaran bisa ngintip di parkiran bus terminal. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

,

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Opini & Fakta, otomotif, sekitar, Transportasi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ketemu Suroboyo Bus, Transportasi Baru Warga Surabaya Ramah Difabel

  1. Khafiduddin Ali berkata:

    Apakah ada cara pembayaran khusus?

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s