Teknik pencarian berita foto ( 2 : dimana mendapatkan foto berita)

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh seorang wartawan foto untuk mendapatkan berita, antara lain :

1. Monitor Radio
Kebanyakan wartawan surat kabar sering memanfaatkan alat monitor radio, antara lain memantau jalur frekuensi kepolisian, pemadam kebakaran, ataupun radio yang berada di dalam mobil kita yang terkadang menyiarkan berita-berita yang terjadi hari ini.

2. Informan (Pemberi Informasi)
Ada beberapa surat kabar ataupun media elektronik yang memanfaatkan jasa seorang penduduk tertentu yang berdomisili di daerah yang potensial akan adanya peristiwa/kejadian untuk melaporkan kejadian yang misalnya terjadi di daerahnya lewat telepon. Tentunya dengan memberikan imbalan biaya secukupnya atas informasi yang telah diberikan kepada surat kabar ataupun media elektronik.

3. Hubungan baik
Melakukan pendekatan atau membuka hubungan baik dengan lembaga ataupun yayasan sepert LSM, Kelompok Pecinta Lingkungan. Sebagai contoh, jika kelompok ini akan melakukan aksi unjuk rasa tentunya mereka ingin kegiatannya bisa di ekspose dan pasti mereka akan menghubungi media massa seraya memberitahukan di mana dan kapan mereka akan melakukan aksi ini.

4. Memantau kegiatan Instansi tertentu
Kebanyakan surat kabar menugaskan wartawannya untuk memantau kegiatan-kegiatan instansi tertentu seperti RS, Kantor Pemerintahan, dan juga Kantor Polisi.

5. Press Release
Pihak humas dan fotografer kadang-kadang saling membutuhkan, mereka perlu kegiatannya bisa diliput dan fotografer perlu gambar yang mungkin bisa dipakai di medianya.

6. Internet
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, saat ini orang sudah dapat berhubungan satu dengan lainnya di belahan dunia lain melalui jaringan internet(Word Wide Web atau sering disingkat www) dengan cara yang mudah, murah, dan cepat. Berbagai informasi baik lokal ataupun internasional bisa dengan cepat sampai kepada pemirsanya. Bahkan pola kerja mereka bisa melebihi fungsi yang selama ini dimiliki oleh kantor berita, yakni “deadline in every minute”

Ada beberapa hal lain lagi yang bisa dilakukan untuk mencari sumber seperti berita koran-koran yang membuat berita pengumuman tentang kelahiran, pernikahan, dan kematian, juga memperhatikan jadwal pertunjukan di gedung kesenian, event olahraga ataupun festival.

Kejadian Mendadak

Seringkali dalam perjalanan menuju suatu tempat, seorang wartawan foto menyaksikan sebuah kejadian yang mendadak dan memiliki nilai berita yang cukup tinggi. Maka sebagai seorang wartawan yang memiliki naluri jurnalistik tentunya si wartawa foto ini harus melakukan peliputan.

Sebuah peristiwa atau kejadian mendadak yang ditemui tanpa sengaja ini memerlukan kesigapan dan kesiapan mental bagi seorang wartawan foto dimana ia tidak langsung terbawa suasana melainkan harus tetap tenang dan berfikir jernih untuk merekamnya melalui lensa kamera.

Uraian diatas mengenai proses awal dari sebuah liputan yang dilakukan oleh seorang wartawan foto atau fotogeafer yang merencanakan akan meliput suatu acara ataupun peristiwa.

To Be Continued : METODE.

#Salam Ndeso Bojonegoro

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Materi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Teknik pencarian berita foto ( 2 : dimana mendapatkan foto berita)

  1. potretbikers berkata:

    Kalau untuk mencari BONUS, yang di alam nyata gimana???

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.