trip ride : Tips & Trik Nyebrang Gethekan Nggawan Solo by Ndeso94,

Apa kabar kang,,,, kali ini ane mau berbagi tips dan trik menyebrang gethekan. Artikel request,,hehe…. Monggo disimak kang —>>>

Bengawan Solo adalah salah satu sungai terbesar di Jawa yang membelah beberapa daerah yang dilaluinya dari Waduk sampai laut. Nah, untuk menghubungkan antar daerah yang terpisah, bisa melalui Jembatand an Perahu Penyebrangan alias Gethekan. namun, di sini ada permasalahannya. Perahu Gethekan terlalu berbahaya bagi sebagian orang terutama yang membawa motor dan yang tidak bisa berenang. Mau memutar? Jauh lebih dari 20km’an kang jembatannya. Tidak ada jalan lain kecuali naik Gethekan.

x

Dikutip dari kang Modhot dari Tuban,, yang bercerita bahwa dia pernah kecemplung bersama sepedanya. Waduh,,, hal yang paling ane takutin kang. Udah nyemplung, motor ikutan nyemplung. Untung masih bisa selamat kang.

s

Oke,,, berdasarkan pengalaman riding lewat Gethekan. Ane bantu kang Modhot dari permasalahannya.

TRIK.

Menaikkan Sepeda Motor ke Gethekan memang tidak terlalu sulit tapi juga tidak terlalu mudah, terutama bagi yang kurang menguasai medan menanjak dan menurunnya. berikut trik menaikkan motor ke Gethekan

1. Hati-hati saat menuruni lembah sungai.

Ini yang perlu diperhatikan adalah kita benar-benar menguasai medan dan kendaraan kita! Jangan tergesa-gesa saat turun, soalnya ini juga mempengaruhi keseimbangan kendaraan juga anda kang. Jika motor anda Bebek kopling otomatis, maka pakai gigi 1 buat turun itu akan melambatkan laju motor anda. Jika matic, injak terus rem belakang tetapi jangan sampai terus mengunci, bisa-bisa anda hilang kendali, cukup sedikit-sedikit mengeremnya biar gak terlalu terperosok dan anda masih bisa mengendalikan kendaraan. jika kopling manual, tarik tuas kopling setengah pakai gigi satu dan turuni lembah hati-hati. Jangan sampai mesin anda mati dan anda tidak menekan kopling, anda akan terguling!

NB: Kaki harus menjaga keseimbangan dan berpijak di tanah, untuk menjaga apabila posisi menjadi miring kekanan atau kekiri.

2. Saat menaiki perahu, tunggu sampai posisi benar-benar aman.

Apa maksud posisi benar-benar aman? Yaitu perahu telah bersandar dengan sempurna serta sudah mepet ma Sandaran atau tempat naik turun penumpang(ribet istilahnya,hehehe). Dalam hal ini ana tidak boleh ceroboh ato gegabah ingin segera naik, sabar!

Saat perahu siap, motor jangan dihentakkan macam di Lamer loh ya.hehehehe,,, slow aja. Pelan-pelan. Jalan dengan hati-hati kaki di kanan kiri untuk menjaga keseimbangan, pas roda depan telah berpijak di samping perahu, cepatlah maju kedepan tapi jangan terlalu agresif. Siapkan rem depan, saat separuh badan naik injak rem depan lalu gas pelan-pelan hingga sempurna. Kaki tetap berpijak loh ya….. Jangan ceroboh,kang. Soalnya di depan anda setelah perahu adalah sungai yang kadang dalam loh.

3. Matikan mesin.

Jika sepeda anda manual, masukkan gigi satu biar motor gak goyang. Jika matic maka tarik tuas rem atau parkir brake kalo pada Honda. Hal ini penting, kenapa? Terkadang arus tidak begitu tenang agak “semriwing”. Ini juga bertujuan menyeimbangkan perahu agar tidak oleng.

4. Nikmati perjalanan :-D.

Dan anda akan merasakan adrenalin naik gethekan dan bagi yang kagak bisa berenang pasti deg”an. Ane aja ampek doa terus,hehehe. Gak bisa berenang kang”… Apes.

5. Saat anda turun.

Maka lakukan langkah 2 dan ke 1. Namun sebaliknya. Tahu maksudnya’kan, kang? Tentunya tetap tidak boleh ceroboh. Kalo turun, agak menghentak sedikit gak papa kalo sikon mendukung. Soalnya perahu sering miring dan ban kadang juga nyangkut, dan pas naik lembah tetap kaki dua berjaga” di kanan kiri supaya kalo saja motor tidak seimbang.

TIPS.

Selain triknya naik perahu, ada juga tips” agar kegiatan Gethekan bisa berlangsung dengan aman dan tenang.

1. Jangan nge’gas pas turun lembah kecuali datar ma perahu. Tujuannya agar motor tidak “melaju liar” apalagi ditambah gaya ke bawah, wah jadi motorcross nyemplung kali.

2. Siap lahir batin buat naik gethekan. Eh ini seharusnya yang pertama yak?

3. Cek dulu apakah perahu layak untuk Gethekan dan jumlah penumpang tidak melebihi batas. Kasus 2x tenggelamnya perahu di Bojonegoro(kalitidu & kanor) dulu disebabkan perahu yang tidak layak plus kelebihan muatan.

4. Berdoa (ini seharusnya pertama, haduh).

5. Hati” saat hujan atau setelahnya, jalanan lembah biasanya licin banget. Terutama bagi motor yang berat(semprot) dan yang bawa muatan banyak. Lawong yang jalan kaki aja kadang kebereset kang. Lebih baik berhati” dan jangan bawa barang banyak atau pada saat turun lembah kudu ekstra main rem belakang buat matic dan perseneling 1 tanpa rem buat bebek kopling oto, kalo manual. Ya kopling ditarik-lepas dengan sigap.

Yap. Begitulah trik dan tips naik gethekan. Yang terpenting adalah, anda harus yakin bahwa Gethekan itu aman dan tak melebihi kapasitas. Jangan lupa berdoa, dan latih riding skill anda karena yang paling sulit dalam Gethekan adalah lewat lembah curam dan licin(saat hujan). So, selamat malam akang! πŸ˜€

#salam ndeso Bojonegoro

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, sekitar, Tips Oto, Trip Visit dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke trip ride : Tips & Trik Nyebrang Gethekan Nggawan Solo by Ndeso94,

  1. KomMotor berkata:

    Nyerahhh… gak berani ah… takut nyemplung… πŸ˜€

    Suka

  2. modhot berkata:

    Sory kang br nyimak kerjaan numpuk akhir bulan hehe… trm ksh sdh di buatkan artikelnya salut buat anda kang,instruktur septi riding pun ane yakin blm tentu bisa.

    Suka

  3. modhot berkata:

    Yang ane kecebur tu praunya kecil kang lebarnya gak smpe setengah bodi motor,jd susah pas belok utk mensejajarkan motor ma praunya klo di foto smpean possi motor kan melintang gak sejajar mau prau,karena praunya lebar.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.