Bengawan Solo, misteri yang dipercaya atau tidak?

*sotoshop Bengawan Banjir

Sebelum bikin artikel tentang Tutorial nyebrang bengawan pake motor via Gethekan. Ane mau ajak bahas tentang misteri Bengawan Solo dan misteri kematian setiap tahunnya di sana.

Sebelum ke bahasan, monggo simak cerita yang di”copas” dari – Ceritaku.com -.

_________

Cerita misteri memang selalu menarik untuk
didengarkan. Tapi kalau disuruh nemuin hantu atau
setan yang ada di cerita tersebut, aduh jangan sampai
deh. Bisa-bisa kamu lari terkencing-kencing ketakutan
atau bahkan langsung pingsan di tempat setelah
melihat penampakan hantu-hantu yang ada di cerita
tersebut. Cerita yang akan aku sampaikan ini adalah
kisah nyata yang kudapat dari teman kerjaku.
Ceritanya begini.
Menurut temanku, Ayu, suatu hari budhe dia (sebut
saja Bu Markum) diminta untuk rewang (membantu
hajat tetangga yang sedang repot) di rumah
tetangganya. Menjelang Maghrib, setelah membantu
tetangganya, budhenya Ayu pengen pulang ke rumah,
tapi lewat depan rumah si empunya hajat tidak
memungkinkan karena di bagian depan rame banget
orang yang datang. Akhirnya dia memutuskan untuk
lewat jalan belakang dari rumah si empunya hajat.
Jalan dan lingkungan bagian belakang rumah penuh
dengan tanaman yang rimbun dan menurut banyak
orang desa daerah itu termasuk wingit atau angker.
Setelah sampai di rumah Bu Markum langsung tidur
setelah melepas sandal di depan pintu kamarnya.
Esoknya, menjelang Subuh Pak Markum agak curiga
karena istrinya yang biasanya sangat rajin bangun pagi
sebelum subuh hari itu belum bangun, dan pintu
kamarnya pun masih tertutup rapat. Begitu pula
sandal jepit milik istrinya juga masih ada di depan
kamar. Untuk memastikan semuanya si suami
mengetuk pintu dan masuk ke kamar istrinya. Kagetlah
Pak Markum karena melihat si istri tidak ada di tempat
tidurnya, padahal semalam istrinya ada di kamar.
Setelah dicari kemana-mana istrinya tak ketemu juga.
Akhirnya si suami meminta bantuan penduduk desa
untuk mencari keberadaan istrinya pagi itu juga.
Anehnya budhe si Ayu, Bu Markum, ditemukan
beberapa kilometer jauhnya dari rumahnya, tepatnya
di tengah-tengah arus Sungai Bengawan Solo yang
deras. Pagi itu, ketika adzan subuh berkumandang,
ada tukang rakit yang mau memulai aktifitasnya dan
melihat ada makhluk merah menyala di tengah sungai
itu hampir tenggelam. Tentu saja si tukang rakit tidak
berani mendekat, namun si tukang rakit mendengar
ada suara wanita yang minta tolong dan berteriak
“tolong.. tolong.. Ya Allah, kenapa saya bisa ada di
sungai ini? Tolong!! Saya istrinya Pak Markum”. Awalnya
si tukang rakit tidak berani mendekat karena
ketakutan dengan cahaya merah yang dikeluarkan oleh
tubuh Bu Markum. Tapi setelah memastikan bahwa
yang sedang tenggelam itu adalah memang manusia
dan si tukang rakit juga kenal dengan Pak Markum
(pakdhenya Ayu), maka ditolonglah Bu Markum ini.
Setelah tenang kembali, Bu Markum ditanyai warga
apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dia bisa
sampai ada di tengah sungai yang mengalir deras.
Beliau menjawab tidak tahu. Yang dia tahu tiba-tiba
dia ada di tengah-tengah sungai dan tersadar ketika
mendengar lantunan adzan Subuh. Suaminya dan juga
para tetangga yang lainnya keheranan karena pintu
kamar masih tertutup tapi Bu Markum bisa keluar dan
berjalan berkilo-kilo meter menuju sungai tersebut
hanya dalam waktu singkat. Seolah-olah Bu Markum
juga menembus kamarnya begitu saja. Kemudian
warga menyimpulkan bahwa Bu Markum pasti
kesambet banaspati (setan merah) yang kemudian
membawanya ke sungai dan berusaha
menenggelamkannya. Untungnya ada adzan subuh
yang membuat kesadaran Bu Markum kembali sehingga
nyawanya masih bisa terselamatkan.
__________

Baca ceritanya aja udah merinding disko. Bagaimana tidak. Pernah membayangkan tiba” anda berpindah ke suatu tempat yang sangat anda takuti kang? Berbahaya! Maka dari itulah kang, ane mau bahas. Sambil merinding,hehehe…

Bengawan Solo memang sebuah sungai terbesar di Jawa yang ujungnya dari Wonogiri(waduk gajah mungkur) sampai Gresik(laut jawa). Sungai yang juga terpanjang di jawa ini amat banyak cerita” mistisnya kang. Dan salah satunya buaya putih dan misteri tenggelamnya tiap tahun manusia di Bengawan terbesar ini.

Menurut cerita orang kanor sini, di desa Pilang terdapat sarang buaya putih yang konon akan memangsa siapapun yang menganggunya. Memangsa? Edan… Tapi, kok jarang ada penampakan buaya di Bengawan ya. Kira” apa memang ada ya? Namanya juga mitos. Tapi, ya jujur takut juga jika memang ada buayanya.

Misteri yang tak kalah menegangkan adalah apakah benar jika bengawan Solo minta tumbal? Namanya sungai itu hanyalah air yang mengalir dari huku ke hilir. Misteri tenggelamnya banyak orang tiap tahunnya, mungkin karena kecerobohan atau “tindakan” menganggu keberadaan lelembut disana. Ane juga gak tahu, tak ada yang berhak mematikan kecuali Allah. Hipotesa ane memang berpendapat tentang kecerobohan. Maka dari itu berhati”lah akang”.

Memang banyak orang tua yang bilang Bengawan itu “gawat/angker”. Entah benar atau nggak, tetapi ada kejadian tahun 2007 akhir, waktu Banjir Besar melanda BojoNegoro termasuk kecamatan kanor tempat ane tinggal dengan ganasnya air menjebol tanggul di Utara Kanor. Sampai” sebuah kompleks kuburan terhanyut. Itu berlangsung 7 hari. Tiba-tiba setelah ada kabar ada 2 orang meninggal karena tenggelam dan hanyut, tiba-tiba entah benar atau tidak Wallahua’lam. Air banjir bengawan ini surut dalam 3 hari! Surutnya memang agak aneh. Padahal sedikit lagi air bertambah maka seluruh kecamatan Kanor kena.

Nauzhubillah kang”. Ya ane sih cuma percaya musibah dan yang menghentikannya hanya Allah. Hanya kejadian” itu cuma untuk kita renungi dan jangan diyakini. Karena semua dari Allah terjadi.

#salam ndeso bojonegoro

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Mitos, sekitar dan tag , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke Bengawan Solo, misteri yang dipercaya atau tidak?

  1. menyusurijalan berkata:

    Sekedar pendapat neh mas bro…. kadang tanpa maksud untuk syirik jika suatu tempat di “mistis”kan tempat itu lebih terjaga… aneh memang… orang lebih takut dengan jin… buktinya banyak hutan yang di mistiskan sampai sekarang banyak yang terjaga… begitu kepercayaan mistisnya hilang, hutannya diacak-acak sampai ludes…. efeknya banjir dimana2…. setelah itu akhirnya jadi banyak yang bilang tuh kan gara-gara dirusak… “penunggunya” marah…. Lucu memang….

    http://jalanberkarisma.wordpress.com/2013/10/29/posisi-finish-lorenzo-jika-ingin-pertahankan-gelar/

    Suka

  2. dido van owek berkata:

    waw grape iku lek seng entek nganti omah 9 ilang kenter maesan glundung nok tengah sawah 😦

    omahe mertuo (miri) sak wuwong banyune 😦

    akir 2007 bener” sangar banjire lek

    semoga berguna

    jenogoro sukses

    assseeekk

    Suka

  3. ninja150ss berkata:

    klo pengen tau keangkeran bengawan solo tny aja sm org2 keraton solo,mreka lebih tau kyknya.

    Suka

  4. masshar2000 berkata:

    kebetulan tempat saya deket juga dr kali bengawan..yah…beberapa kali mancing di situ…emang aroma mistisnya kentara bgt…mungkin efek dari lebarnya dan derasnya air…tp yg jelas emang pinggiran kali ini byk pohon gede dan rimbun…siang2 aja kl mancing sendiri jg ngeri…lha wong kl teriak jg gak kedengeran ..kalah ama suara derasnya air.
    http://masshar2000.wordpress.com/2013/10/30/penipuan-online-hati-hati-orang-yang-satu-ini/#

    Suka

  5. Mase berkata:

    gerrrrrrrr……

    Suka

  6. modhot berkata:

    Bengawan solo sekarang ngak seangker dulu mas.buktinya ntu pengusaha tambang pasir exploitasi besar2 an tanpa memperhatikan lingkungan sekitar.padahal imbas dari aktifas tersebut sangatlah besar terutama di tuban.andai mitos masih di pake mungkin gak separah sekarang

    Suka

  7. modhot berkata:

    Dulu kata istri ane waktu dia kecil masih sering lihat buaya kang di bengawan solo,rumah istri di kec soko sekarang pada kemanayak??? Ada yg tau,hehe….. wes kang aq tak berangkat ngaret sek.

    Suka

  8. ernasary bali berkata:

    Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    Suka

  9. renata kilapong berkata:

    rumah bapak angkatku di dander, katanya eh katanya malah di bojonegoro sma kaya cirebon ms banyak orang sakti hehehe… contoh bs kaya angling darmo bisa menghilang ( tp bisa balik ga ya ) ok peace salam damai dr bumi parahiangan…. renata

    Suka

  10. J B berkata:

    yg bener mas, itu bengawan solo ada buayanya? tak kirain cuman bayangan masa kecilku tok kalo sungai ada buayanya hahaha.
    ho o mas, mitos banyak yg melintir. pohon beringin contohnya, niatnya dlu diajarin supaya dijaga utk persediaan air di dlmnya mlh sm masyarakatnya diwingitin bkn krn biar gak ditebas tp lbh krn takut pd jin hehehe.
    mas yudi batang pernah baca, kayake pernah lewat daeahku.
    salam kenal dr wonogiri semuanya.

    Suka

  11. Ys berkata:

    Emang bener gan, di daerah saya (Gresik) juga seperti itu. Ada yg prnh liat 2 buaya putih menunggu di tepi bengawan saat banjir tiba. Ketika ada kabar orang meninggal (katany sih si buaya itu minta tumbal), airnya lgsg surut cepet bnget.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.