Bojonegoro___ it’s Gresik Sby wannabe… internasional kabupaten :-D

Industri yang semakin meningkat membuat setiap kabupaten berkompetisi unjuk gigi demi kesejahteraan para masyarakatnya. Hal itu didukung semakin majunya teknologi.

Tidak luput dari perhatian, Bojonegoro dengan usaha dan dana kompensasi dari sektor sekitar hampir lebih dari 5 miliyar rupiah, akan bisa berkembang menuju industrialisasi. Kenapa? Lihat contoh kecil semakin banyaknya pembangunan dan perbaikan infrastruktur di sana-sini serta pemanfaatan yang betul-betul dilakukan oleh Pemkab. Contoh lain, jalan veteran yang dulu sepi dan hanya ada sawah warga kini menjelma menjadi tempat bisnis dan investasi macam pertokoan, hotel dan restoran. Wah, terbayangkan jalan Vetaran yang masih sepi di mana sangat menakutkan rasanya lewat sana.
Bojonegoro 4 tahun lalu, sudah berbeda dengan Bojonegoro yang sekarang.

Bojonegoro yang sekarang lebih maju dan berkembang. Dan gak akan kalah ma Lamongan, hehe. 😀
Dengan melihat judul di atas, dapat dimengerti simpulan’nya kan? Yupz. Banyak’loh potensi di Bojonegoro yang mendukung dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menarik investor dan para pengusaha lokal Bojonegoro maupun luar, tentu saja semua itu bisa terlaksana dengan visi misi yang kuat serta rasa berjuang para rakyat Bojonegoro.

Melihat antusiasme pembangunan di Bojonegoro tentu harus dikontrol sebaik mungkin, segala hal yang mendukungnya.
Sambil masi-masi alias lihat-lihat, sebenarnya Bojonegoro sudah layak untuk “sebagai lumbung pangan dan energi nasional”. Hebat! Oh. Iya, belum dijelaskan ya tentang visi “Bojonegoro sebagai lumbung pangan dan energi”? Kalo menurut Ndeso94 sih mungkin program kedepan Bojonegoro dengan sektor energi migas yang begitu besar serta pertaniannya yang lumayan walau sempat sering gagal panen karena hama, bencana banjir dan kekeringan. Ada harapan cerah tentang bagaimana arah Bojonegoro kedepannya, mungkin hampir mirip dengan Gresik dan Surabaya, paling dekat ya Lamongan. Sesuai visi periode pertama Kang Yoto, Bupati Bojonegoro.

Nah, kini saatnya menggali potensi industrialisasi Bojonegoro sebagai lumnbuh pangan dan energi. Dari sektor-sektor yang Ndeso94 tahu.

1- pertanian.

Banyak sekali lahan pertanian dan perkebunan yang tersebar di Bojonegoro. Lahan subur juga banyak. Di kec kanor, kec baureno, kec Balen, kec kapas, kec sukosewu, dan lain sebagainya. Hamparan sawah yang begitu luas bisa dilihat dan begitu subur, tanah yang subur didukung irigasi yang mantap dan stabil akan membuat tingkat produktivitas para petani berkembang. Tanah-tanah seperti di Kedungaem juga bisa dimanfaatkan untuk perkebunan, ya perkebunan kayak sayur-sayur’an karena tanahnya yang keras dan iklim yang agak panas cocok untuk perkebunan sayur. Pegunungan-pegunungan kecil di Bojonegoro selain sebagai hutan jati juga bisa ditambah perkebunan-perkebunan yang cocok dengan iklim Bojonegoro.

2- Hutan dan Kayu.

Sudah sejak lama kayu jati Bojonegoro terkenal dengan kualitasnya. Hal ini didukung juga usia penanaman yang lama dan cuaca yang pas. Pegunungan-pegunungan di Bojonegoro selatan, yang tempat saya kemaren lewat sambil memotretnya. Begitu banyaknya pohon-pohon jati yang ada dan saya memikirkan bahwa bagaimana jika hutan jati lebih difokuskan di Pegunungan-pegunungan yang ada penghuninya, bukan pegunungan yang sebelumnya hutan tempat habitat hewan-hewan tinggal, agar serasi integrasi antara manusia dan hewan. Hutan jati di Bojonegoro hampir semuanya dapat ditemui di pengunungan yang ada di Bojonegoro, memang Bojonegoro banyak tempat yang ditanami Jati. Misal di Kapas seberang rel sepur juga dapat dilihat kompleks “hutan mini, jati”.
Sayangnya, kemaren ada kasus penjarahan kayu jati terbaik di perhutani di Bojonegoro selatan, beberapa kayu telah berhasil dijarah, la orang yang njarah jumlahnya banyak banget dibanding petugasnya bahkan “pamong”nya ikut-ikutan. Mau tak mau harus menyerah. Sangat disayangkan dan patut difikirkan bagaimana menjaga hutan jati kita agar jangan dijarah orang yang tidak bertanggung jawab, hutan kita bukan hutan Kalimantan yang ada illegal logging begitu banyak. Hutan kita adalah hutan bersama, saling bekerja sama menjaganya demi investasi kabupaten dan pemanfaatannya untuk pembangunan Bojonegoro.
Juga banyak illegal logging di pegunungan Bojonegoro terutama di wilayah Sekar. Harus ada kesadaran dari diri sendiri dan upaya pemerintah yang jelas agar pegunungan di Bojonegoro tidak gundul.

*hutan gundul

3- Industri.

Industri di Bojonegoro boleh dikatakan sedang siap membangun, sektor migas yang begitu maju dan sukses harusnya bisa membuat rakyat Bojonegoro maju melebihi tetangga-tetangganya. Contohlah Cepu yang begitu makmur karena dapat memanfaatkan investasi migas yang ada di daerahnya, serta memang menjadi tempat pangkalan pertaminan.
Sesuai dengan visi, tentunya pemerintah Bojonegoro harus mampu mengembangkan sektor-sektor industrinya dan memanage perkembangan industri di Bojonegoro. Banyak tempat potensial, terutama di Bojonegoro Barat. Dengan jalanan yang sudah diperbaiki dengan baik dan kualitas yang moga juga bagus, diharapkan semakin lancarnya roda ekonomi di Bojonegoro. Ada wacana pembangunan industri pupuk saat di seminar beberapa waktu lalu. Wah, kayak Gresik dong. Tidak hanya Sektor migas saja yang berkembang pesat, tapi pupuk juga, dan perlahan akan berkembang terus menerus.
Setidaknya dapat mengembangkan wilayah Kec. Ngasem menjadi sektor industri, disamping industri migasnya. Tanahnya agak kurang subur untuk pertanian, bisa dimanfaatkan lah sebagai industri. Tetapi, jangan asal saja, harus ada tata letak dan melihat efek di wilayah sekitar, tentunya masih menjaga kelestarian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

4- Pariwisata.

*kahyangan api

Sektor pariwisata di Bojonegoro banyak yang sudah ada tetapi perawatannya kurang. Paling kentara kemarin saya jalan-jalan ke Kahyangan Api begitu sepi pengunjung, sampai-sampai saya merinding sendiri karena sepi, apalagi tirtawana Dander. Malah sekarang jadi tempat “pacaran” muda-mudi di lapangan golfnya yang tak berfungsi. Disayangkanlah hal-hal seperti itu. Harusnya bisa dikembangkan ke hal yang lebih positif dan sesuai norma. Banyak sekali lah potensi pariwisata Bojonegoro. Yang tadi contoh umum.

Dan lain-lainnya, yang bisa akang dan mbakyu tanyakan pada dinas yang terkait. Intinya adalah, Bojonegoro itu sudah berjalan pesat pembangunannya dan visi “melebihi Lamongan” sudah terlaksana dan dibuktikan bahwa Bojonegoro adalah kabupaten/distrik tercepat perkembangan ekonominya di dunia. Dunia kang! Bukan secara nasional lagi! Dan “pavingisasi kang yoto” telah diakui dunia.

Ya, sebagai warga Bojonegoro khususnya harus berbangga. Kita tinggal di bumi yang potensial dan dapat menjadi tulang punggung Indonesia. Jagalah yang ada dan perbaiki yang kurang, MATOH!!!

#salam ndeso Bojonegoro

potensi lokal bojonegoro

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Lomba, Opini & Fakta, sekitar dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Bojonegoro___ it’s Gresik Sby wannabe… internasional kabupaten :-D

  1. Kobayogas berkata:

    Berat bahasan nya kekekek

    Suka

  2. RC se7en berkata:

    saya yg sering lewat bojonegoro memang mrasakan prkembangan yg pesat
    yg paling kliatan yaitu pembangunan jlan2 n pabrik

    Suka

  3. Ping balik: mohon doa buat menang :-) | Ndeso94 | CarubanToNight

  4. Sarwie Sombro berkata:

    Tanggung melibihi Lamongan karena PDRB maupun APBD sudah unggul beberapa tahun yg lalu, lalu investor nasional udah banyak yg masuk bojonegoro semisal membangun Hotel Aston(jl.MT.Haryono), Hotel Dewarna(jl.Veteran), Hotel Mercure(Sumengko), Bonero hotel dll.

    Target berikutnya harus melebihi Madiun, eh tanggung lagi, kalo bisa Balikpapanlah…….!!! Memang harus realistis, tetapi potensi ke arah sana ada kok, gak salah kan berCita2 he he he he………………..

    Suka

  5. so'un rider berkata:

    blok cepu? siapa yg ekplorasi? knpa bukan pertamina? tanya knapa? tanda tanya besar… prtanyaan pribadi yg mnggantun telah lama.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.