Tarif Cuci Steam Luar Negeri

Assalamualaikum

(Artikel draft lama)

Brosis, siapa sih yang tidak tahu jasa cuci motor steam. Cucu steam memang jadi bisnis yang lumayan ramai di Indonesia. Khususnya daerah perkotaan dan industri. Cuci stean jadi pilihan mereka yang ngekost, kesulitan air buat nyuci motor. Atau terlalu sibuk.

Malas juga bisa jadi alasan seseorang lebih memilih cuci steam ketimbang cuci sendiri. Nah, bagaimana di luar negeri? Ternyata ada juga jasa cuci steam. Tapi sedikit berbeda.

Informasi yang bersumber dari salah satu blogger Indonesia yang pernah domisili di Australia, mengatakan bahwa di sini semua serba swalayan. Alias serba biaya. Bahkan walau istilah tempatnya cuci steam, tapi ada yang self service dan jasa. Memang karena besarnya biaya pegawai, membuat fasilitas self service lebih dipilih oleh pengusaha.

Tarif cuci steam self service sendiri sebesar $15 Australia atau setara Rp 160.000. Bahkan kalau pakai jasa malah berkali kali lipat. Karena pegawai di sana gajinya $22,5/jam. Sedangkan cuci motor biasanya butuh waktu 1 jam jika detail.

Berikut komentarnya :

Walau di luar negeri gajiannya mahal. Tapi biaya kehidupannya juga mahal. Bersyukur hidup di Indonesia, walau harga katanya mahal tapi ternyata sangat jauh lebih murah. Biaya hidup dan gaji minimal itu relatif mengikuti. Semoga bermanfaat.

(Btw ini artikel konsep yang lupa dipublish, jadi dipublish sekaligus penghormatan karena Om Leo telah berpulang ke YME. Semoga tenang disisi-Nya. Aamiinn )

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Opini & Fakta, Tips Oto dan tag , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.