Edukasi : LPG dan penjelasannya (prolog)

Seringkali kita mendengar kasus-kasus kebakaran yang diakibatkan LPG. Dan masyarakat awam biasanya menyebut kalo LPG’nya yang meledak dkk. Apalagi dulu pas awal-awal peraturan wajibnya malah banyak kasus kebakaran akibat LPG yang mengakibatkan trauma.

Nah, demi meluruskan dan mengedukasi masyarakat tentang LPG yang lebih detail. Kang eko354 yang merupakan salah satu pengunjung warung Ndeso 94 ini, akan menjelaskan beberapa materi yang sudah dikirm ke ane lewat email. Berikut kata pengantarnya kang πŸ˜€

Assalamu ‘alaikum wr wb.

Mas Angga, perkenalkan saya adalah pengunjung warung sampeyan dgn nick name “eko354”. Berikut bahan mengenai Elpiji yang saya janjikan. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan tulisan yg bermanfaat bagi masyarakat. Sebagian bahan saya peroleh dari Pertamina sewaktu sosialisasi penggunaan Elpiji 3 kg.

Sebagian dari teman-teman saya, sebagian lagi dari searching di internet dan sebagian dari pribadi. Sebagai pensiunan oil & gas industry (pensiun 2006, Alhamdulillah masih disambung lagi di industri yg sama hingga sekarang walau beda perusahaan) saya dan teman-teman tentu sangat concern dgn banyaknya accident yg terjadi di masyarakat sehubungan dgn penggunaan Elpiji (terutama yg 3 kg). Kami pun berusaha menularkan pengetahuan dan pengalaman kami agar pengetahuan masyarakat tentang bahaya bahan bakar (khususnya Elpiji), serta mitigasi bahayanya, semakin meningkat. Accident yg terjadi selama ini banyak disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan yg aman dari bahan bakar yg relatif baru ini, termasuk sarana yg digunakan (tabung, regulator, selang, kompor).

Anggapan masyarakat selama ini adalah tabung Elpiji-nya yg meledak. Padahal berdasar penyelidikan, kebanyakan yg terjadi adalah ledakan krn gas bocor yg tercampur udara dan tersulut sumber api. Dua tahun lalu, driver dari mobil yg dipakai perusahaan meninggal sekeluarga (driver, istri dan 2 anak mereka). Driver sempat memberi keterangan di rumah sakit, bhw ketika dia bangun pagi dan menyalakan rokok, terjadi ledakan, atap rumahnya rubuh menimpa dia dan keluarganya. Setelah diadakan investigasi, ternyata tabung gasnya masih utuh, tapi bocor dari seal antara tabung dgn regulator. Terjadi akumulasi gas, bercampur udara, ketika ada api dari korek maka campuran gas elpiji dgn udara meledak.

Saya sendiri, sejak kami menggunakan Elpiji, sudah mengetahui bahwa problem utama tabung Elpiji adalah di seal antara tabung dgn regulator. Oleh karena itu saya selalu mengecek seal tersebut, bila jelek maka langsung diganti. Kalo saya pergi, istri selalu saya pesan untuk melakukan hal sama. Saya punya banyak cadangan seal, beli di home center atau di main agent Elpiji.

Untuk regulatornya sendiri, saya selalu memilih yg terbaik, krn berhubungan dgn safety. Terus terang regulator lokal belum saya temukan yg benar-benar bisa pas dgn sealnya. Karena itu saya beli yg made in Japan, harganya bisa dapat regulator lokal 4 biji. Masalahnya sejak tahun lalu, yg made in Japan nggak masuk lagi. Karenanya saya lalu searching di toko-toko peralatan rumah tangga di Jakarta – Depok – Bogor, Alhamdulillah suatu hari saya lihat ada merk “Des**c” yg pabriknya di Bekasi, seperti foto terlampir. Ini adalah regulator lokal terbaik yg saya temukan. Malah kemampuan sealing gasnya bisa saya bilang lebih baik daripada yg made in Japan.

*ini dia.

Sejak itu saya pake merk ini, bahkan dua anak laki2 saya yg sudah rumah tangga di Surabaya saya kirimi regulator ini dari Depok, saya suruh ganti regulator yg mrk pake dgn yg ini.

Materi tulisan ini mungkin saya kirim bbrp kali krn filenya gede2, nanti kalo udah komplit bacanya urut sesuai nomer. Biar nggak keliatan iklan, nanti bisa di-edit foto maupun tulisannya supaya merknya nggak muncul. Mudah2an manfaat.

Wassalamu ‘alaikum wr wb

“Eko354”

Eko354@*****.com

Nah, untuk materi intinya ditunggu ya kang. Akan diupdate bersama materi Foto Jurnalistik, yang akan dibuat beberapa sub-part artikel.

Ayo bersih-bersih dulu dah sore. Monggo pendapatnya. πŸ˜€

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Materi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Edukasi : LPG dan penjelasannya (prolog)

  1. ari berkata:

    absen dulu suhu πŸ˜€

    Suka

  2. ari berkata:

    nice info suhu

    Suka

  3. Mas Sayur berkata:

    betul sekali Pak Eko….

    waktu saya di bali dulu,tetangga saya adalah penjual elpiji ..
    ketika ngobrol tentang tabung meledak,keterangan yg dia berikan sama dg yg pak eko smpaikan… itu dari seal di regulator yg “ngobos” istilahnya… tabungnya nggak akan meledak…

    Suka

  4. wongndeso94 berkata:

    LPG’ne ojo gae merconan lo ya

    Suka

  5. Ping balik: Materi : LPG dan penjelasannya(indikasi kebocoran dan cara mengatasi) | Ndeso 94 | Caruban To Night | Anak Desa

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s